Sekadar Menulis Pun Sebuah Kenikmatan!


Sudut pandang. Setiap kepala memiliki sudut pandang masing-masing terhadap segala sesuatu.

Berkaitan dengan kegiatan menulis, biasanya selalu tersimpan sebuah motif, minimal mengakuinya dalam hati. Seperti tulisan ini juga, tentu saja ada motifnya!

Pada kondisi tertentu saya menghargai kecenderungan orang dalam menulis sesuatu, apa pun tulisan itu. Entah itu tulisan status (catatan) di facebook, entah itu kicauan twitter, bisa juga artikel-artikel atau luapan hati di blog, coretan dinding, diary, lirik lagu, dan seterusnya. Didalamnya akan terkandung motif yang jujur, apa adanya, namun bisa pula bohong. Motif yang jujur biasanya akan berkaitan dengan bagus tidaknya sebuah tulisan.

Seperti apa tulisan yang bagus? Bisa jadi itu “menawan”, memukau, sudut pandangnya unik, gagasannya cemerlang, juga bisa disebabkan oleh gaya pemaparannya yang berbeda. Meski pun barangkali sebenarnya tidak ada yang benar-benar baru dalam dunia kepenulisan, semua telah dipaparkan oleh pendahulu.

Tumbuhnya gagasan-gagasan baru, diharapkan mampu membuat si pembaca berkeinginan keras melahap semuanya hingga tuntas. Lantas, pada ujungnya si pembaca atau β€œpenikmat” mendapat sesuatu yang bernilai dari serangkaian kata-kata tersebut.

Baru-baru ini, saya semakin menyadari bahwa menulis dan membaca memiliki kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang, bagi sebagian yang lain biasa-biasa saja. Menulis maupun membaca, ada kalanya seperti dibawa pada ruangan lain, ‘ruangan tanpa identitas’. Saya tidak tahu persis, apa itu. Yang jelas, “sekadar menulis pun adalah sebuah kenikmatan.” Seseorang penulis ‘jadi’ menyatakan begitu. Luar biasa yang aneh. Bagaimana tidak, hanya sekadar menulis pun bisa menjadi sebuah kenikmatan. Memang, ranah yang bisa ditempuh dalam menulis sangatlah luas. Apalagi pada dunia rekaan (dunia fiksi), apa pun bisa menjadai mungkin.

Tak luput dari tulisan tersebut akan ada bermacam-macam reaaksi yang tumbuh-berkembang mengikutinya, baik disadari atau tidak. Seiring kematangan dalam pemahamannya, penguasaan diksinya, pendayagunaan pikirannya, tulisan bisa menjadi sesuatu yang luarbiasa berharga, baik secara materiil maupun moril. Paling tidak itulah yang diharapkan. Mudah-mudahan!

Tulisan ini pernah saya tulis di sini, πŸ™‚ πŸ™‚

Iklan

5 pemikiran pada “Sekadar Menulis Pun Sebuah Kenikmatan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s